Saturday, October 2, 2010

Mobil Listrik Tercepat Ramaikan Paris

PARIS - Venturi Jamais Contente 2010, atau yang dikenal di Amerika Serikat sebagai "Buckeye Venturi Bullet", adalah sebuah kendaraan listrik yang memiliki tenaga lebih dari 800 hp.
Saat ini kendaraan tersebut ikut dipamerkan, di salah stan perusahaan Perancis, Venturi, pada gelaran Paris Auto Show 2010. Venturi sendiri telah dinobatkan sebagai produsen kendaraan listrik tercepat di dunia seperti dikutip autoevolution, Sabtu (2/10/2010).
Kendaraan tercepat didunia tersebut, dibuat dengan nama proyek Misi 01. Proyek itu sendiri berlangsung selama 4 tahun dari 2009-2012, dan dilaksanakan dengan menggandeng OSU (Ohio State University). Venturi akhirnya bisa menantang catatan kecepatan dan menetapkan standar baru dalam bidang performa tinggi kendaraan listrik.Percobaan pertama dalam program ini terjadi pada bulan September 2009, dan dilakukan di padang garam Bonneville (Utah). Dengan yang diaktifkan oleh sel bahan bakar, Venturi "Jamais Contente" mampu mencapai rekor kecepatan dunia pada kecepatan 487 km / jam, perolehan itu sendiri telah dikukuhkan oleh FIA.
Setelah dilakukan pengembangan lebih lanjut, sehabis memecahkan rekor tahun 2009, Venturi "Jamais Contente" tiba kembali di Bonneville pada Agustus 2010. namun kali ini dilengkapi dengan full tenaga baterai, bukan menggunakan bahan bakar konvensional.
Sekali lagi, Venturi mampu memecahkan rekor dunia kecepatan untuk kendaraan listrik dengan kecepatan rata-rata mencapai 495 km / jam lebih. Namun dengan berbagai perhitungan, akhirnya FIA secara resmi mendaftarkan kecepatan tertinggi yang diraih adalah 515 km / jam. (fmh)

No comments:

Post a Comment